Pendidikan Inklusif
Apa itu Pendidikan Iklusif
?
Pendidikan Iklusif
adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada
semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau
bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan ataupun pembelajaran dalam satu
lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.
Program Pendidikan Inklusif telah diatur dalam beberapa peraturan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif
Undang-undang Nomor 8 tahun 2016
tentang penyandang Disabilitas
Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun
2020 tentang akomodasi yang layak untuk peserta didik penyandang disabilitas.
Apa Tujuan Pendidikan Iklusif?
Adapun tujuan Pendidikan Inklusif ialah meningkatkan mutu
pelayanan Pendidikan yang ideal bagi anak-anak berkebutuhan Khusus dan memberikan
jaminan untuk memperoleh hak Pendidikan yang sama seperti anak-anak lainnya.
Pedoman Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 tahun
2009 menjalaskan bahwa Satuan Pendidikan penyelenggara Pendidikan Inklusif
menggunakan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan yang mengakomodasi kebutuhan
peserta didik sesuai bakat, minat dan potensinya.
Pembelajaran pada Pendidikan Inklusif pun mempertimbangkan
prinsip-prinsip pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik belajar
peserta didik.
Di SDN 37 Kendo Kota Bima Pendidikan Anak Iklulif telah
tertuang dalam Kurikulum Operasional Sekolah yang pada prinsipnya mempunyai
pendekatan tetap dan fleksibel. Dikatakan tetap yaitu tentang stuktur kurikulum
dan Asesmen mengacu pada kurikulum Merdeka sedangkan untuk perangkat
pembelajaran, bahan ajar, disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak iklusif.
Di SDN 37 Kendo Kota Bima juga senantiasa mendampingi
anak-anak iklusif dengan pendampingan dari tiap-tiap guru yang memang di SK kan
oleh Kepala sekolah untuk memantau kegiatan belajar anak-anak inklusif.
Untuk Tahun 2024 SDN 37 Kendo Kota Bima mulai menggalakkan
lagi program-program yang dapat menyentuh anak-anak inklusif terutama dalam
kegiatan pembelajaran dan Projek P5.